Skip to content

9 Manfaat Alami Timun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang diketahui sebagai makanan yang terbaik bagi kesehatan tubuh. Timun memang sudah tidak asing lagi ditemukan di Indonesia dan dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan-makanan ciri khas tanah air ini. Akan tetapi kebanyakkan orang belum mengetahui khasiat timun untuk kesehatan.

9 Manfaat Timun Untuk Kesehatan
Di bawah ini akan dijelaskan beberapa khasiat timun untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut :
1. Kaya Akan Vitamin B
Timun memiliki kandungan vitamin yang melimpah sehingga bisa melindungi tubuh Anda dari penyakit serangan jantung.
2. Mengisi Ulang Vitamin Harian dan Rehidrasi Tubuh
Timun memiliki kandungan air yang melimpah sehingga bisa melindungi tubuh Anda dari dehidrasi sekaligus mendukung tubuh menyingkirkan racun. Timun mempunnya banyak vitamin yang diperlukan tubuh selama sehari. Kulit timun pun memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
3. Perawatan Rambut dan Kulit
Bila Anda tidak menyukai kulit timun, dapat Anda jadikan untuk menangani kulit bakar dan iritasi kulit. Gunakan juga satu potong timun diatas mata yang membengkak, sebab timun memiliki anti-peradangan yang bisa mendukung menurunkan pembengkakan. Bukan itu saja, sulfur dan silikon yang terdapat di dalamnya pun bisa mendukung mendorong pertumbuhan rambut.
4. Mencegah Kanker
Timun dikenal memiliki kandungan secoisolariciresinol, pinoresinol, dan lariciresinol. Ketiga jenis kandungan tersebut dapat mengurangi resiko sejumlah jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker rahin. Kanker ovarium, dan kanker payudara.
5. Pembersih Rumah
Timun pun berkhasiat dan dapat dipakai untuk menghilangkan kabun atau embun yang terdapat di kaca. Usapkan satu potong timun di bagian kaca dan timun tersebut dapat menyingkirkan embunnya. Ambil potongan timun dan usapkan seluruh pintu dan engsel yang berderit dapat mengilangkan suara gesekan.
6. Mengurani Bau Mulut Yang Kurang Sedap
Ambillah satu iris timun dan tahan pada langit-langit mulut Anda dengan menggunakan lidah dalam 30 detik, fitokimia yang terdapat di dalam timun dapat membasmi kuman yang bertugas dalam menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.
7. Menjauhi Sakit Kepala
Dalam menjauhi sakit kepala atau morning sickness pada pagi hari, konsumsilah beberapa potongan timun menjelang tidur. Timun memiliki kandungan elektrolit, vitamin B dan gula dalam meningkatkan nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan instensitas baik sakit kepala atau mabuk.
8. Membantu Menangani Gangguan Pencernaan dan Mengurangi Berat Badan
Sebab timun memiliki kandungan air yang melimpah dan rendah kalori, timun merupakan diet yang seimbang bagi merela uang mulai ingin mengurangi berat badan. kandungan air yang melimpah dan serat makanan di dalam timun sangat tepat untuk menghilangkan tubuh dari racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Mengkonsumsi timun secara rutin bisa dipercaya sebagai pengobatan untuk penyakit sembelit akut.
9. Menurunkan Nyeri Sendi dan Menambah Kesehatan Sendi
Timun mengandung silika yang dianggap bisa membantu meambah kesehatan sendi dengan meningkatkan jaringan ikat. Timun pun mengandung banyak vitamin D, C, B6, B1, & A, kalium, magnesium, kalsium dan folat. Saat ditambahkan dengan jus wortel, timun dapat menurunkan nyeri artritis dan encok dengan cara mengurangi kadar asam urat.

Demikianlah sejumlah khasiat timun yang bisa didapatkan, setelah mengetahui semua khasiatnya maka tidak ada salahnya ada mencoba mengkonsumsi timun secara rutin agar mendapatkan seluruh khasiatnya secara maksimal.

Sumber : www.everydayhealth.com


Trackbacks

No Trackbacks

Comments

Display comments as Linear | Threaded

No comments

Add Comment

Enclosing asterisks marks text as bold (*word*), underscore are made via _word_.
Standard emoticons like :-) and ;-) are converted to images.

To prevent automated Bots from commentspamming, please enter the string you see in the image below in the appropriate input box. Your comment will only be submitted if the strings match. Please ensure that your browser supports and accepts cookies, or your comment cannot be verified correctly.
CAPTCHA

Form options